Unsur-unsur
Administrasi Negara
Administrasi memiliki 8 unsur yang
saling berkaiatan satu sama lain yaitu:
a. Organisasi
Organisasi
adalah kerjasama antara dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama yang
diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang ada. Pengertian organisasi
menurut para ahli yaitu:
- James D. Mooney, organisasi adalah
sebagai bentuk setiap perserikatan orang-orang untuk mencapai tujuan bersama.
- Luther Gulick, organisasi adalah
sebagai suatu alat saling hubungan satuan-satuan kerja yang memberikan mereka
kepada-kepada orang-orang yang ditempatkan dalam struktur kewenangan. Dengan
demikian pekerjaan dapat dikoordanisikan oleh perintah para atasan kepada para
bawahan yang menjangkau dari puncak sampai ke dasar dari seluruh badan usaha.
- Schein, organisasi merupakan suatu
system terbuka, yang memiliki interaksi konstan dengan lingkungannya, serta
terdiri dari banyak sub-grup, unit-unit jabatan, susunan hierarki serta segmen
yang tersebar secara geografis.
b. Manajemen
Manajemen
adalah suatu cara menggerakkan orang lain untuk melakukan suatu tujuan.
Pengertian Manajemen menurut para ahli yaitu:
- Koontz and Donnel, manajemen
adalah terlaksananya pekerjaan melalui orang-orang lain.
- Kimball and Kimball, manajemen
terdiri dari semua tugas dan fungsi yang meliputi penyusunan sebuah perusahaan,
pembiayaan, penetapan garis-garis besar kebijaksanaa,penyediaan semua peralatan
yang diperlukan dan penyusunan kerangka organisasi serta pemilihan para pejabat
terasnya.
c. Komunikasi
Komunikasi
adalah proses yang menyampaikan warta dari seseorang kepada pihak lain dalam
usaha kerja sama. Pengertian komunikasi menurut beberapa ahli yaitu:
- Lexicographer, komunikasi adalah
upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan.
- Websters New Colligiate
Dictionary, komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi diantara
individu melalui system lambang-lambang, tanda-tanda atau tingkah laku.
d. Informasi
Informasi
adalah rangkaian kegiatan penataan yang berupa penghimpun, pencatat, pengolah,
penggadaan pengiriman, penyimpanan, pemeliharaan, penyusutan dan pemusnahan
informasi. Administrasi informasi mempunyai tujuan yaitu untuk keperluan
membuat keputusan maka dapat pula dipandang sebagai cabang dari ilmu
manajemen.. Informasi pemerintah yang benar (valid dan shahih) dapat digunakan
untuk membantu pengambilan keputusan dalam mengurangi ketidakpastian serta
mengantisipasi kendala yang akan diperkirakan terjadi. Jadi informasi bukan
sekadar data mentah yang lalu asal disampaikan apa adanya. Tetapi haruslah
sudah diproses, diolah dan disaring mana yang baik dan benar dan perlu
disampaikan kepada pihak tertentu. Sebagai abdi masyarakat maka para
administrator dan sumber informasi bagi masyarakatnya.
e. Adm. Kepegawaian
Kepegawaian
adalah proses yang menyangkut pencarian, pelamaran, pengujian, penerimaan,
pengangkatan, pengembangan, kesejahteraan, pemutasian dan pemberhentian tenaga
kerja dalam usaha kerja sama untuk mencapai tujuan. Berikut ini adalah beberapa
definisi kepegawaian yaitu
- Kepegawaian sebagai ilmu yaitu
mempelajari segenap proses penggunaan tenaga manusia sejak penerimaan hingga
pemberhentiannya.
- Kepegawaian sebagai proses yaitu
proses penyelenggaraan politik kepegawaian atau program kerja/tujuan yang
berhubungan dengan tenaga kerja manusia yang digunakan dalam usaha kerjasama
untuk mencapai tujuan tyertentu.
- Kepegawaian sebagai fungsi yaitu
mengatur dan mengurus penggunaan tenaga kerja manusia dalam suatu usaha
kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
- Kepegawaian sebagai seni yaitu
seni memilih pegawai baru serta menggunakan pegawai-pegawai lama dengan cara
sedemikian rupa, sehingga dari segenap tenaga kerja manusia itu diperoleh hasil
dan jasa yang maksimal baik mengenai jumlah maupun tujuannya.
f. Adm. Keuangan
Keuangan
adalah rangkaian kegiatan penataan yang berupa pengadaan, pencatatan,
pengaturan, pemakaian, pemeliharaan, dan penyingkiran benda dalam kerjasama
mencapai tujuan tertentu. Suatu segi lain dari administrasi keuangan ialah
pencatatan segenap penerimaan dan pengeluaran biaya dalam kerjasama itu.
Penelaahan terhadap segi ini menumbuhkan sekelompok pengetahuan yang cukup luas
dan penting dengan nama pembukuan. Pembukuan adalah seni untuk mencatat,
mengumpulkan dan akhirnya meringkaskan dalam bentuk laporan keuangan akibat
keuangan dari tindakan eksekutif. Administrasi keuangan terdiri dari
serangkaian langkah-langkah dimana dana-dana disediakan bagi pejabat-pejabat
tertentu dibawah prosedur-prosedur yang akan menjamin sah dan berdaya gunanya
pemakaian dana-dana itu.
g. Adm. Perbekalan
Perbekalan
adalah rangkaian perbuatan mengadakan, mengatur, pemakaian, mendaftar,
memelihara, sampai menyingkirkan segenap perlengkapan dalam usaha kerja.
Beberapa pokok yang perlu dipersoalkan dalam administrasi perbekalan ialah:
Penelitian dan penentuan kebutuhan perbekalan kerja, pembakuan dan perincian
keja-kerja, proses pembelian barang, pencatatan dan pengurusan harta benda,
teknik penyimpanan dan perawatan barang, prosedur penyingkiran benda yang tak
diperlukan lagi, pengurusan dan pemeliharaan gedung, penyusunan tata ruang
kantor. Dalam hal ini pengetahuan ini mempergunakan hasil-hasil dari ilmu-ilmu
kealaman.
h. Hubungan Masyarakat
Hubungan
masyarakat yaitu rangkaian kegiatan penataan yang berupa usaha pengenalan
organisasi kepada lingkungan dan penangkapan hasrat serta suasana lingkungan
dalam kerjasama mencapai tujuan. Perincian isi kelompok pengetahuan ini antara
lain, organisasi dan bidang kerja hubungan masyarakat Asas-asas pekerjaan
hubungan masyarakat, alat-alat hubungan masyarakat, proses kegiatan hubungan
masyarakat, analisis pendapat umum, teknik propaganda, hal-hal mengenai
penyiaran warkat. Ketiga pokok yang terakhir ini dapat dianggap telah
berkembang menjadi cabang-cabang pengetahuan yang lebih khusus dalam ilmu
hubungan masyarakat.
Hubungan
8 Unsur Administrasi
Masing-masing
konsep bersifat statis, sedangkan dalam kenyataan ditempat kerja yang
didalamnya sedang berlangsung rangkaian kegiatan penataan akan tampak adanya
unsur umum sebagai suatu proses yang bersifat dinamis semua unsur seringkali
langsung secara bersamaan. Juga urut-urutan pelaksanaan dan pentingnya suatu
unsur dapat berubah-ubah. Bergantung pula pada orang-orang dan corak kerjasama,
peranan yang dititik beratkan dari sesuatu unsur dapat berbeda-beda dalam suatu
kerjasama tertentu. Jadi hubungan setiap delapan unsur ini saling berhubungan
secara erat. Apabila rangkaian ini berputar artinya rangkaian kegiatan penataan
itu sedang berlangsung, maka kedelapan unsur itu merupakan kesatuan yang tidak
mungkin dipisah-pisahkan dan sukar dibeda-bedakan dengan tegas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar