Etika merupakan kesediaan jiwa akan
kesusilaan atau kumpulan dari peraturan kesusilaan. Etika merupakan norma dan
aturan yang turut mengatur perilaku seseorang dalam bertindak dan memainkan
perannya sesuai dengan aturan main yang ada dalam masyarakat agar dapat
dikatakan tindakan bermoral. Sesuai dengan moralitas dan perilaku masyarakat
setempat.
Etika sendiri dibagi lagi ke dalam etika umum dan etika khusus. Etika umum
mempertanyakan prinsip-prinsip dasar yang berlaku bagi segenap tindakan
manusia, sedangkan etika khusus membahas prinsip-prinsip itu dalam hubungan
dengan kewajiban manusia dalam pelbagai lingkup kehidupannya. Dibedakan antara
etika individual yang mempertanyakan kewajiban manusia sebagai individu,
terutama terhadap dirinya sendiri dan, melalui suara hati, terhadap Illahi, dan
etika sosial. Etika sosial jauh lebih luas dari etika individual karena hampir
semua kewajiban manusia bergandengan dengan kenyataan bahwa ia merupakan
makhluk sosial. Dengan bertolak dari martabat manusia sebagai pribadi yang
sosial, etika sosial membahas norma-norma moral yang seharusnya menentukan
sikap dan tindakan antarmanusia. Etika sosial memuat banyak etika yang khusus
mengenai wilayah-wilayah kehidupan manusia tertentu. Di sini termasuk misalnya
kewajiban-kewajiban di sekitar permulaan kehidupan, masalah pengguguran isi kandungan
dan etika seksual, tetapi juga norma-norma moral yang berlaku dalam hubungan
dengan satuan-satuan kemasyarakatan yang berlembaga seperti etika keluarga,
etika pelbagai profesi, dan etika pendidikan. Dan di sini termasuk juga etika
politik atau filsafat moral mengenai dimensi politis kehidupan manusia.
Dimensi politis manusia adalah dimensi masyarakat sebagai keseluruhan. Ciri
khasnya adalah bahwa pendekatan itu terjadi dalam kerangka acuan yang
berorientasi pada masyarakat sebagai keseluruhan. Dimensi di mana manusia
menyadari diri sebagai anggota masyarakat sebagai keseluruhan yang menentukan
kerangka kehidupannya dan ditentukan kembali oleh tindak-tanduknya.
Ada dua cara untuk menata masyarakat
yaitu penataan masyarakat yang normatif dan yang efektif. Lembaga penata
normatif masyarakat adalah hukum. Hukumlah yang memberitahukan kepada semua
anggota masyarakat bagaimana mereka bertindak. Hukum terdiri dari norma-norma
bagi kelakuan yang betul dan salah dalam masyarakat. Hukum hanya bersifat normatif
dan tidak efektif. Artinya, hukum sendiri tidak dapat menjamin agar orang
memang taat kepada normanya.
Yang dapat secara efektif menentukan
kelakuan masyarakat hanyalah lembaga yang mempunyai kekuasaan untuk memaksakan
kehendaknya. Lembaga itu adalah negara. Penataan efektif masayarakat adalah
penataan yang de facto, dalam kenyataan, menentukan kelakuan masyarakat.
Dengan demikian hukum dan kekuasaan
adalah bahasan dari etika politik. Dalam hal ini lebih difokuskan pada
etika birokrasi sebagai bagian dari etika politik.
Etika birokrasi berkaitan erat
dengan moralitas dan mentalitas aparat birokrasi dalam melaksanakan
fungsi-fungsi pemerintahan itu sendiri yang tercermin dalam fungsi pokok
pemerintahan: fungsi pelayanan, pengaturan/regulasi dan fungsi pemberdayaan
masyarakat.
Etika penting dalam birokrasi. Pertama, masalah yang ada dalam birokrasi
semakin lama semakin komplek. Kedua, keberhasilan pembangunan yang telah
meningkatkan dinamika dan kecepatan perubahan dalam lingkungan birokrasi.
Birokrasi melakukan adjusment (penyesuaian) yang menuntut discretionary
power (kekuatan pertimbangan/kebijaksanaan) yang besar.
Pemerintah memiliki pola prilaku yang wajib dijadikan sebagai pedoman atau kode
etik berlaku bagi setiap aparaturnya. Etika dalam birokrasi harus ditimbulkan
dengan berlandaskan pada paham dasar yang mencerminkan sistem yang hidup dalam
masyarakat harus dipedomani serta diwujudkan oleh setiap aparat dalam hidup
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Secara umum nilai-nilai suatu etika
yang perlu dijadikan pedoman dan perlu dipraktekkan secara operasional antara
lain:
- Aparat wajib mengabdi kepada kepentingan umum
- Aparat adalah motor penggerak “head“ dan “heart“ bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
- Aparat harus berdiri di tengah-tengah, bersikap terbuka dan tidak memihak (mediator)
- Aparat harus jujur, bersih dan berwibawa
- Aparat harus bersifat diskresif, bisa membedakan mana yang rahasia dan tidak rahasia, mana yang penting dan tidak penting
- Aparat harus selalu bijaksana dan sebagai pengayom.
Berbagai sifat psikis, kepribadian
(jatidiri), harga dirii, kejujuran yang diisyaratkan oleh teori sifat pada
hakikatnya merupakan kode etik bagi siapapun yang akan bertugas sebagai aparat.
Aparat seyogyianya tidak bekerja terkotak-kotak, menganggap dialah yang penting
atau menentukan, seharusnya aparatur bekerja secara menyeluruh. Oleh sebab itu
tidak hanya mementingkan bidangnya sendiri-sendiri. Dalam kaitan itu dipandang
penting pula koordinasi, sinkronisasi, integrasi. Sehingga dapat berbuat dan
bertindak sesuai dengan tingkah laku dan perilaku aparatur yang terpuji.
Etika terbentuk dari aturan pertimbangan yang tinggi. Yaitu benar vs tidak
benar dan pantas vs tidak pantas. Prilaku dan tindakan aparat birokrasi dalam
melaksanakan fungsi dan kerjanya, apakah ia menyimpang dari aturan dan
ketentuan atau tidak, untuk itu perlu aturan yang tegas dan nyata, sebab
berbicara tentang etika biasanya tidak tertulis dan sanksinya berupa sanksi
sosial yang situasional dan kondisional tergantung tradisi dan kebiasaan
masyarakat tersebut. Maka dituntut adanya payung hukum.
Peraturan kepegawaian sebagai bagian
dari penerapan etika birokrasi. Peraturan ini tertuang dalam Kode Etik Pegawai
Negeri. Akan tetapi kode etik ini belum kentara hasil dan fungsinya. Namun,
dengan kode etik ini mengupayakan aparat birokrasi yang lebih jujur,
bertanggung jawab, disiplin, rajin, memiliki moral yang baik, tidak melakukan
perbuatan tercela seperti korupsi, kolusi dan nepotisme. Oleh karena itu, perlu
usaha dan latihan serta penegakan sanksi yang tegas dan jelas kepada mereka
yang melanggar kode etik atau aturan yang ditetapkan.
Ada beberapa hal yang perlu
dihindari oleh birokrasi, antara lain :
- Ikut serta dalam transaksi bisnis pribadi atau perusahaan swasta untuk keuntungan pribadi dengan mengatasnamakan jabatan kedinasan,
- Menerima segala sesuatu hadiah dari pihak swasta pada saat ia melakukan transaksi untuk kepentingan dinas,
- Membicarakan masa depan peluang kerja diluar instansi pada saat ia berada dalam tugas-tugas sebagai pejabat pemerintah,
- Membocorkan informasi komersial/ekonomis yang bersifat rahasia kepada pihak-pihak yang tidak berhak,
- Terlalu erat berurusan dengan orang-orang diluar instansi pemerintah yang dalam menjalankan bisnis pokoknya tergantung izin pemerintah.
Selain itu, ada beberapa upaya untuk
membenahi praktek-praktek birokrasi yang kurang menyenangkan, antara lain:
- Pembenahan suatu institusi yang telah berpraktek dalam jangka waktu lama tidaklah gampang. Waktu yang cukup lama mutlak diperlukan. Yang cukup penting dimiliki adalah perilaku adaptif dari birokrasi terhadap perkembangan yang tumbuh dan berkembang di masyarakat, sehingga mampu membaca tuntutan dan harapan yang dibebankan ke pundaknya. Suatu komuniti yang semakin kompleks dan rumit memerlukan bentuk-bentuk praktek birokrasi yang luwes dan praktis. Pemotongan jalur-jalur hirarkis, merupakan salah satu keinginan dari konsumen birokrasi.
- Selaras dengan pemikiran Weber yang menempatkan birokrasi dan birokrasi dapat bergandengan tangan. Menuntut birokrasi sebagai institusi yang terbuka dan mampu untuk dipahami sesuai fungsinya. Kebijaksanaan dan suasana demokratisasi sangat diperlukan, yakni memberi hak yang lebih luas bagi masyarakat untuk ikut serta dalam proses pemerintahan.
- Selaras dengan akumulasi keinginan pemotongan jalur-jalur hirarkis. Kebijaksanaan-kebijaksanaan menyangkut desentralisasi juga diperlukan.
- Faktor mental personal dari aparatur birokrasi dan perilaku dari birokrat itu sendiri. Dituntut adanya keberanian moral untuk menyingkirkan pandangan bahwa birokrasi adalah bureaucratic polity, serta menempatkan prinsip-prinsip de-etatisme dan de-kontrolisasi pada proposisinya.
Birokrasi hendaklah merupakan
rangkaian kegiatan sehari-hari yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan-tujuan
organisasi didistribusikan melalui cara-cara yang telah ditentukan dan dianggap
sebagai tugas resmi. Diorganisasikan dalam suatu kantor yang mengikuti prinsip
hirarkis. Pelaksanaan tugasnya diatur oleh suatu sistem peraturan
perundang-undangan yang abstrak dan mencakup juga penerapan aturan-aturan di
dalam kasus-kasus tertentu. Dilaksanakan oleh pejabat yang ideal melaksanakan
tugas-tugasnya dengan semangat formal dan bersifat pribadi, tanpa perasaan
dendam atau nafsu. Pekerjaan birokratis didasarkan pada klasifikasi teknis dan
dilindungi dari kemungkinan pemecatan sepihak. Berdasarkan pengalaman universal
bahwa tipe organisasi administratif yang murni dilihat semata-mata dari sudut
teknis, mampu mencapai tingkat efisiensi yang tinggi.
Birokrasi sebagai bagian law enforcement perlu direformasi dengan
dimensi keadilan. Hal yang diperlukan adalah: menuntaskan “national building“,
memaksimalkan fungsi lembaga-lembaga, membangun aturan hukum secara
komprehensif serta membangun moralitas aparat penegak hukum.
Sumber:
Etika Politik; Prinsip-prinsip Moral
Dasar Kenegaraan Modern. Frans
Magnis Suseno, Gramedia, Jakarta, 1987
Etika Pemerintahan. Drs. A. W. Widjaja. Bumi Aksara, Jakarta, 1991
Birokrasi dalam Polemik. Moeljarto Tjokrowinoto, dkk, Saiful Arif (Edt). Pustaka
Pelajar, Yogyakarta, 2001